Tugas PKK BAB 3&4 ( 1 Desember 2021 )

 Uji kompetensi bab 3

A. Pilihlah jawaban yang paling tetap!

1. Pengujian produk sering disebut dengan istilah ….

a. Pengujian produsen

b. Pengendalian mutu

c. Pengendalian kualitas produk

d. Pengujian kualita

e. Pengujian komperatif

jawab : d.penguji kualitas

2. Keunggulan produk dibanding para pesaingnya,akan memiliki keuntungan dalam beberapa

hal berikut ini,kecuali...

a. Membantu memperkuat pangsa merk

b. Memperbesar dampak positif dari semua aktivitas pemasaran

c. Efisiensi proses produksi

d. Memungkinkan pembelian berlanjut dari konsumen

e. Memuaskan pelanggan dan meminimalkan pengembalian produk

jawab: c.efisiensi proses produksi

3. Berikut yang bukan merupakan kegunaan dari pengujian produk,adalah….

a. Meningkatkan kinerja produk

b. Mengukur efek penuan kualitas produk dalam penyimpanan

c. Memantau kualitas produk dari tahun ke tahun

d. Mendapat pasar konsumen

e. Memberikan gambaran daya terima konsumen terhadap produk

jawab : a.meningkatkan kinerja produk

4. Aspek keamanan produk sendiri tidak hanya melibatkan kepentingan konsumen tapi juga

adanya peran pemerintah dalam pengujian produk,yaitu….

a. Menetapkan peraturan perundang-undangan

b. Menetapkan standar produk sebelum proses produksi

c. Ikut mengevaluasi perencanaan produksi sehingga sesuai standar

d. Melibatkan penguji luar negeri dalam meningkatkan mutu produk dalam negeri

e. Menerapkan standarisasi yang bersifat fakultatif

jawab : b. Menetapkan standar produk sebelum proses produksi

5. Pengujian produk yang dilakukan oleh orang – orang yang nantinya produk tersebut akan

digunakan disebut dengan….

a. Uji kegunaan nyata

b. Uji pasar

c. Uji lingkungan nyata

d. Uji konsumen

e. Uji perbandingan

jawab: c.uji lingkungan nyata

6. Persyaratan pengujian p

roduk dengan menggunakan pendekatan system,hal hal yang perlu

diperhatikan sebagai berikut,kecuali….

a. Kuesioner yang diajukan harus sama

b. Metode preparasi dan tabulasi data dilakukan secara sama

c. Rencana sampel produk secara tidak sama

d. Produk yang disiapkan harus sama

e. Sampling yang sama

jawab : e.sampling yang sama

7. Berikut yang bukan merupakan persyaratan yang harus dipenuhi produk akurat dapat

diterapkan,…

a. Pendekatan sistem

b. Data normatif

c. Perusahaan peneliti yang sama

d. Uji pengendalian mutu

e. Tindakan konservatif

jawab : d.Uji pengendalian mutu

8. Badan Standarisasi Nasional / BSN dibentuk melalui .…

a. PP No. 102 tahun 2000

b. Kepres no 13 tahun 1997

c. Kepres no 102 tahun 2000

d. Kepres no 166 tahun 1997

e. Kepres no 103 tahun 2000

jawab : a.pp no 102 tahun 2000

9. Serangkaian persyaratan yang harus dipenuhi oleh perusahaan meliputi bahan,produk dan

layanan adalah,…

a. Standar Nasional

b. Standar teknik

c. Standar produk

d. Standar manajemen

e. Standarisasi konsumen

jawab: b.stabdar teknik

10. Pelaksanaan tugas dan fungsi BSN di bidang akreditasi dilakukan oleh….

a. Dewan Standarisasi Nasional

b. Lembaga Akreditasi Nasional ( LAN )

c. Komite Standar Nasional

d. Lembaga sertifikasi Produk

e. Komite Akreditasi Nasional ( KAN )

jawab :e.komite akreditasi nasional

11. Kegiatan sertifikasi produk sebagai syarat pemberian sertifikasi SNI dilakukan oleh…

a. Dewan Standarisasi Nasional

b. Lembaga Akreditasi Nasional ( LAN )

c. Komite Standar Nasional

d. Lembaga sertifikasi Produk

e. Komite Akreditasi Nasional ( KAN )

jawab : d.lembaga sertifikasi produk

12. Biaya yang harus dikeluarkan oleh produsen untuk membiayai pengurusan sertifikasi

produk akan muncul setelah melakukan…

a. Pengisian formuler SPPT SNI

b. Verifikasi Permohonan

c. Audit system manajemen mutu

d. Pemberian SPPT SNI

e. Keputuasan SNI

jawab:d.pemberian sppt sni

13. Pengendalian kualitas produk melalui pendekatan keluaran dilakukan dengan melihat….

a. Sampel produk

b. Material produk

c. Cara kerja dari setiap karyawan

d. Efisiensi mesin

e. Efektifitas tenaga kerja

jawab:b.material produk

14. Pengendalian kualitas produksi diperlukan agar produk yang dihasilkan sesuai dengan

rencana….

a. Manajemen

b. Konsumen

c. Pasar

d. Produksi

e. BSN ( Badan Standarisasi Nasional )

jawab:e.BSN

15. Evaluasi yang diarahkan untuk melihat hasil program yang akan dicapai sebagai dasar untuk

menentukan keputusan akhir,diperbaiki,dimodifikasi,ditingkatkan atau dihentikan adalah

pengertian dari…

a. Stadarisasi produk

b. Evaluasi produk

c. Evaluasi

d. Pengendalian mutu

e. Pengujian produk

jawab: b.evaluasi produk

16. Penetapan standar dari kualitas suatu produk ditetapkan oleh produsen dengan

mempertimbangkan…

a. Kualitas dari produk pesaing

b. Keseimbangan antara keuntungan dan penjualan

c. Efisiensi produksi

d. Segmen pasar dari produk pesaing

e. Kegunaan dari produk

jawab:a.kualitas produk dari pesaing

17. Berikut yang bukan menunjukan manfaat pengedalian kualitas produk bagi perusahaan…

a. Tercapainya efisiensi

b. Menekan biaya

c. Meningkatkan laba

d. Meningkatkan penjualan

e. Memperoleh barang berkualitas dengan harga bersaing

jawab: c.meingkatkan laba

18. Proses penilaian dan pengawasan kualitas atas hal-hal yang berkaitan dengan produksi

adalah….

a. Evaluasi produk

b. Pengendalian mutu

c. Kualitas produk

d. Efisiensi mutu

e. Pengawasan

jawab: b.pengendalian mutu

19. Factor yang biasa dipakai dalam mengevaluasi kepuasan produksi manufaktur menurut

Garvin dalam Lovelock (1994),antara lain meliputi aspek sebagai berikut,Kecuali…

a. Reputasi produk

b. Kualitas produk

c. Keistimewaan tambahan

d. Kehandalan

e. Daya tahan

jawab: b.kualitas produk

20. Berikut kewenangan BSN sebagai lembaga penentu standarisasi produk nasional sebagai

berikut…

a. Pengkajian dan penyusunan kebijakan nasioal

b. Mengembangkan dan mengelola system penilaian

c. Penetapan SNI

d. Penyelengaraan kegiatan kerja sama dalam dan luar negeri

e. Sebagai koordinasi kegiatan fungsional dalam pelaksanaan tugas BSN

jawab: c.penelitian SNI

B. Jawablah dengan benar pertanyaan dibawah ini !

1. Apakah yang dimaksud dengan standarisasi menurut Pasal 1 angka 2 No 102 tahun

2000 tentang standisasi Nasional ?

2. Jelaskan perbedaan antara Standar teknik dengan Standar manajemen ?

3. Apa fungsi dan kewenangan BSN/ Badan standisasi Nasional sebagai badan

yangmemberikan pebmina,pengembangkan serta pengkoordiasi kegiatan di bidang

standarisasi secara nasional ?

4. Menurut pendapat anda ,apakah kualitas barang hanya ditujukan untuk

memberikan kepuasan konsumen? Mengapa!

5. Terangkan scara singkat pendekatan pengendalian kualitas produk?

JAWAB =

1. Jawaban: Standarisasi adalah proses merumuskan, menetapkan, menerapkan dan merevisi standar, yang dilaksanakan secara tertib dan bekerjasama dengan semua pihak.

2. Standar Teknik merupakan sekumpulan persyaratan yang perlu di penuhi oleh bahan, produk serta layanan. Sedangkan Teknik Manajemen merupakan suatu bentuk tugas, prosedur kerja, sistem manajemen dan standar kerja dalam bidang kelembagaan, usaha serta keuangan.

3. memberikan setandart barang

kayaknya seperti itu

4. karena kepuasan konsumen atau pelanggan adalah prioritas utama pembuatan barang

5. Pendekatan pengendalian kualitas produk yaitu suatu jenis pendekatan yang dilakukan guna meningkatkan kualitas suatu produk yang diproduksi.

Bab 4Uji Kompetensi

A. Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang benar !

1. Kegiatan yang dapat menimbulkan tambahan manfaat atau faedah baru, adalah ....

a. Produk

d. Produsen

b. Produksi

e. Produktivitas

c. Jasa

Jawaban: (b) produksi

2. Pak Arifin adalah seorang yang kreatif mempunyai beberapa kayu, karena puteranya mau

bersekolah maka Pak Arifin membuatkan meja belajar dan rak buku. Yang dilakukan Pak

Arifin merupakan pemanfatan kegunaan ...

a. Bentuk

d. Tempat

b. Waktu

e. produksi

c. Produk

Jawaban : (A) Bentuk

3. Tambang batu bara merupakan faktor produksi ..........

a. Skill

d. Capital

b. Labor

e. Natural

c. Utama/asli

Jawaban: (E) Natural

4. Produk secara sempit dapat diartikan sebagai sekumpulan atribut fisik yang secara nyata

terkait dalam sebuah bentuk yang dapat diidentifikasikan. Merupakan definisi produk

menurut ....

a. Djasmin Saladin d. William J. Stanton

b. SolomoHun

e. Zeithaml

c. Fandy Tjiptono

Jawaban: (D) William J

5. Produk yang dibeli akan dibuat menjadi produk lain atau pun dijual kembali dengan tujuanmencari keuntungan, merupakan .....

a. Jenis dari produk perusahaan d, Jenis dari produk konsumsi

b. Jenis dari produk home industri e. Jenis dari produk industri

c. Jenis dari produk koperasi

Jawaban: (B) Produk industri

6. Sesuatu yang melengkapi manfaat utama produk sehingga mampu lebih memuaskan

konsumen adalah pengertian dari ...

a. Pemasaran interaktif d. Perusahaan

b. Pemasaran internal e. Pelanggan

c. Atribut produk

Jawaban : (C) Atribut produk

7. Proses yang berkaitan dengan perencanaan dan pembuatan wadah (container),

pembungkus (wrapper), maupun pengangkut (transporter), adalah pengertian dari ....

a. Pemangkasan

d. Pengemasan

b. Pemborosan

e. Pelabelan

c. Pelindung konsumen

Jawaban: (D) pengemasan

8. Penyewaan sebuah kamar hotel, apartemen, dan gedung pertemuan merupakan jenis jasa

.....

a. Usaha rumah tangga d. Komunikasi

b. Perawatan pribadi e. Perumahan

c. Bisnis

Jawaban: E.perumahan

9. Semua aktivitas ekonomi yang hasilnya bukanlah produk atau konstruksi fisik, yang secara

umum konsumsi dan produksinya dilakukan pada saat bersamaan, dan nilai tambah yang

diberikannya dalam bentuk (kenyamanan, hiburan, kecepatan, dan kesehatan) yang secara

prinsip tidak berwujud pada pembeli pertamanya. Merupakan definisi jasa menurut .....

a. Djasmin Saladin d. Philip Kotler & Kevin Lane Keller

b. Solomon

e. Zeithaml

c. Fandy Tjiptono

Jawaban: E.zeithaml

10. Tingkat keunggulan (exellence) yang diharapkan dalam pengendalian atas keunggulan

tersebut untuk memenuhi keinginan Pelanggan, adalah ..........

a. Jasa

d. produk jasa

b. Hakikat jasa e. produksi jasa

c. Kualitas jasa

Jawaban: kualitas jasa

11. Manfaat yang sebenarnya dibutuhkan dan akan dikonsumsi oleh pelanggan dari setiap

produk adalah .....

a. Produk manfaat inti d. Produk tambahan

b. Produk manfaat dasar e. produk potensial

c. Produk yang diharapkan

Jawaban: c

12. Produk sehari-hari yang termasuk dalam jenis impulse goods, yaitu .......

a. Majalah

d. Sabun mandi

b. Pasta gigi e. gula

c. sampo

Jawaban:  A

13. Orang atau badan atau lembaga-lembaga yang menghasilkan produk, baik itu produk

barang maupun jasa. Disebut ..........

a. Produk

d. Produsen

b. Produksi

e. Produktivitas

c. Jasa

Jawaban : D

14. Suatu perbandingan dari hasil kegiatan yang seharusnya, dimana suatu perusahaan tidak

selamanya konstan, akan tetapi berubah-ubah sesuai dengan kegiatan yang dilaksanakan

oleh perusahaan yang bersangkutan, adalah .......

a. Produk

d. Produsen

b. Produksi

e. Produktivitas

c. Jasa

Jawaban: E

15. Proses menciptakan ide produk dan menindaklanjuti sampai produk diperkenalkan ke

pasar, dapat dikatakan sebagai ....

a. Perencanaan produk

d. Pengendalian produk

b. Kualitas produk e. Pemasaran produk

c. Kuantitas produk

Jawaban : A

16. Asset yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengembangkan produk dengan lebih

efektif dan ekonomis dimasa yang akan datang, disebut ......

a. Kualitas produk d. Biaya produk

b. Biaya pengembangan produk e. Provitabilitas produk

c. Kapabilitas pengembangan produk

Jawaban: C

17. Proses produksi yang dilaksanakan dengan cepat atau langsung dalam menghasilkan barang

atau jasa yang dapat dinikmati konsumen secara langsung juga, disebut proses produksi ....

a. Jangka pendek d. Berselingan

b. Jangka panjang e. Bertahap

c. Kontinu

Jawaban: A

18. Proses produksi yang mengolah bahan-bahan secara berurutan dengan beberapa tahap

dalam pengerjaan sampai menjadi barang jadi, disebut proses produksi .....

a. Jangka pendek

d. Berselingan

b. Jangka panjang e. Bertahap

c. Kontinu

E.bertahap

19. Meningkatkan nilai guna barang atau jasa, merupakan salah satu dari ....

a. Perencanaan produksi d. Pengendalian produk

b. Tujuan produksi e. Pemasaran produk

c. Kualitas produk

jawaban : Tujuan produksi

20. Berikut adalah lima dimensi kualitas jasa yang paling utama, kecuali .........

a. Reliabilitas

d. Empati

b. Daya tanggap e. Simpati

C. Garansi

Jawaban: C

B. Jawablah dengan benar !

1. Jelaskan pengertian produk menurut Fandy Tjiptono!

2. Sebutkan dan jelaskan 4 faktor produksi!

3. Secara umum produk dapat dibagi menjadi 2 jenis, sebutkan dan jelaskan!

4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan klasifikasi produk!

5. Sebutkan dan jelaskan macam-macam label produk!

6. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kualitas produk!

7. Jelaskan apa yang dimaksud dengan jasa! Sebutkan ciri-cirinya!

8. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kualitas jasa!

9. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kapabilitas pengembangan!

10. Sebutkan 6 tujuan produksi!


Jawaban

1. Fandy Tjiptono mengartikan produk sebagai: “segala sesuatu yang ditawarkan produsen untuk diperhatikan, diminta, dicari, dibeli, digunakan/dikonsumsi pasar sebagai pemenuh kebutuhan/keinginan pasar yang bersangkutan” (1999:95). ... Mereka menempatkan diri lebih dari sebagai penjual daripada memberikan pemecahan kebutuhan.


2. Sumber daya alam, segala faktor produksi yang berasal dari kekayaan alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Tenaga kerja, faktor produksi yang berperan dalam mengelola sumber daya.

Modal, faktor produksi yang berupa uang atau barang yang digunakan untuk menjalankan serta membantu kelancaran proses produksi.

Kewirausahaan, keahlian dan keterampilan yang dimiliki oleh seseorang dalam mengelola faktor-faktor produksi sehingga efektif dan efisien.undefined 


3. Produk Konsumsi

Produk Konsumsi merupakan setiap produk yang digunakan oleh konsumen akhir. Dalam hal ini, produk yang dibeli akan dikonsumsi / digunakan secara langsung dan tidak akan dijual atau pun dibisniskan kembali oleh orang yang bersangkutan.


Produk Industri

Produk Industri merupakan setiap produk yang sengaja dibeli sebagai bahan baku atau pun sebagai 

barang yang diperdagangkan kembali oleh pembelinya. Dalam hal ini, produk yang dibeli akan dibuat menjadi produk lain atau pun dijual kembali dengan tujuan mencari keuntungan.

4. Klasifikasi produk adalah suatu pembagian produk yang ada di pasaran berdasarkan kriteria-kriteria produk tersebut, di mana klasifikasi produk ini dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai macam sudut pandang

5. Label produk (product label) Merupakan jenis label yang banyak dipakai. ...

Label merek (brand label) Beda dengan label produk, label merek hanya sebuah merek atau logo yang ada di kemasan produk. ...

Label tingkat (grade label) Jenis lain yaitu label tingkat. ...

Label deskriptif (descriptive label)

6. Menurut Kotler dan Keller (2009,p.143), Kualitas produk adalah totalitas fitur dan karakteristik produk atau jasa yang bergantung pada kemampuan untuk memuaskan kebutuhan yang ditanyakan atau tersirat. ... Karena bagi konsumen yang diutamakan adalah kualitas dari produk itu sendiri.

7. Secara umum, jasa adalah suatu kegiatan ataupun tindakan yang tidak berwujud, tidak bisa diraba, namun bisa diidentifikasi, direncanakan dan dilakukan untuk memenuhi suatu permintaan dan juga kepuasan pelanggan. Arti lain dari jasa adalah suatu kegiatan ekonomi yang melibatkan adanya berbagai interaksi dengan konsumen atau dengan berbagai barang milik, namun tidak terjadi kegiatan pindah kepemilikan.


Di dalam proses menghasilkan jasa, maka bisa menggunakan ataupun memanfaatkan barang yang berwujud. Walaupun dalam menghasilkan jasa memerlukan barang berwujud, namun tidak akan terjadi pemindahan hak milik atas suatu barang tersebut.

Ciri-ciri:

1. Tidak memiliki wujud( intangibility) 

2. Berubah-ubah ( variability) 

3. Tidak dapat dipisahkan( inseparability) 

4. Mudah lenyap ( perishability) 


8. Berdasarkan definisi kualitas jasa diatas adalah hubungan antara produk dan pelayanan atau jasa yang diberikan kepada konsumen mampu memenuhi harapan dan kepuasan konsumen. Kualitas jasa juga merupakan salah satu kunci pemasaran dalam memenangkan persaingan dengan pasar.


9. Kapabilitas PengembanganKapabilitas pengembangan merupakan asset yang dapat digunakanuntuk mengembangkan produk dengan lebih efektif dan ekonomis di masayang akan datang.


10. menghasilkan/menciptakan suatu barang/jasa.

menambah serta meningkatkan nilai guna barang yang sudah ada.

memenuhi kebutuhan manusia.

memperoleh tambahan penghasil untuk mendapatkan alat pemuas lainnya.

menambah pemasukan negara.

meningkatkan guna suatu barang dalam organisasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FUNGSI TOOLBAR PADA PHOTOSHOP cs 6

Tugas PKK BAB 5 ( 1 Desember 2021 )