Tugas PKK BAB 3&4 ( 1 Desember 2021 )
Uji kompetensi bab 3
A. Pilihlah jawaban yang paling tetap!
1. Pengujian produk sering disebut dengan istilah ….
a. Pengujian produsen
b. Pengendalian mutu
c. Pengendalian kualitas produk
d. Pengujian kualita
e. Pengujian komperatif
jawab : d.penguji kualitas
2. Keunggulan produk dibanding para pesaingnya,akan memiliki keuntungan dalam beberapa
hal berikut ini,kecuali...
a. Membantu memperkuat pangsa merk
b. Memperbesar dampak positif dari semua aktivitas pemasaran
c. Efisiensi proses produksi
d. Memungkinkan pembelian berlanjut dari konsumen
e. Memuaskan pelanggan dan meminimalkan pengembalian produk
jawab: c.efisiensi proses produksi
3. Berikut yang bukan merupakan kegunaan dari pengujian produk,adalah….
a. Meningkatkan kinerja produk
b. Mengukur efek penuan kualitas produk dalam penyimpanan
c. Memantau kualitas produk dari tahun ke tahun
d. Mendapat pasar konsumen
e. Memberikan gambaran daya terima konsumen terhadap produk
jawab : a.meningkatkan kinerja produk
4. Aspek keamanan produk sendiri tidak hanya melibatkan kepentingan konsumen tapi juga
adanya peran pemerintah dalam pengujian produk,yaitu….
a. Menetapkan peraturan perundang-undangan
b. Menetapkan standar produk sebelum proses produksi
c. Ikut mengevaluasi perencanaan produksi sehingga sesuai standar
d. Melibatkan penguji luar negeri dalam meningkatkan mutu produk dalam negeri
e. Menerapkan standarisasi yang bersifat fakultatif
jawab : b. Menetapkan standar produk sebelum proses produksi
5. Pengujian produk yang dilakukan oleh orang – orang yang nantinya produk tersebut akan
digunakan disebut dengan….
a. Uji kegunaan nyata
b. Uji pasar
c. Uji lingkungan nyata
d. Uji konsumen
e. Uji perbandingan
jawab: c.uji lingkungan nyata
6. Persyaratan pengujian p
roduk dengan menggunakan pendekatan system,hal hal yang perlu
diperhatikan sebagai berikut,kecuali….
a. Kuesioner yang diajukan harus sama
b. Metode preparasi dan tabulasi data dilakukan secara sama
c. Rencana sampel produk secara tidak sama
d. Produk yang disiapkan harus sama
e. Sampling yang sama
jawab : e.sampling yang sama
7. Berikut yang bukan merupakan persyaratan yang harus dipenuhi produk akurat dapat
diterapkan,…
a. Pendekatan sistem
b. Data normatif
c. Perusahaan peneliti yang sama
d. Uji pengendalian mutu
e. Tindakan konservatif
jawab : d.Uji pengendalian mutu
8. Badan Standarisasi Nasional / BSN dibentuk melalui .…
a. PP No. 102 tahun 2000
b. Kepres no 13 tahun 1997
c. Kepres no 102 tahun 2000
d. Kepres no 166 tahun 1997
e. Kepres no 103 tahun 2000
jawab : a.pp no 102 tahun 2000
9. Serangkaian persyaratan yang harus dipenuhi oleh perusahaan meliputi bahan,produk dan
layanan adalah,…
a. Standar Nasional
b. Standar teknik
c. Standar produk
d. Standar manajemen
e. Standarisasi konsumen
jawab: b.stabdar teknik
10. Pelaksanaan tugas dan fungsi BSN di bidang akreditasi dilakukan oleh….
a. Dewan Standarisasi Nasional
b. Lembaga Akreditasi Nasional ( LAN )
c. Komite Standar Nasional
d. Lembaga sertifikasi Produk
e. Komite Akreditasi Nasional ( KAN )
jawab :e.komite akreditasi nasional
11. Kegiatan sertifikasi produk sebagai syarat pemberian sertifikasi SNI dilakukan oleh…
a. Dewan Standarisasi Nasional
b. Lembaga Akreditasi Nasional ( LAN )
c. Komite Standar Nasional
d. Lembaga sertifikasi Produk
e. Komite Akreditasi Nasional ( KAN )
jawab : d.lembaga sertifikasi produk
12. Biaya yang harus dikeluarkan oleh produsen untuk membiayai pengurusan sertifikasi
produk akan muncul setelah melakukan…
a. Pengisian formuler SPPT SNI
b. Verifikasi Permohonan
c. Audit system manajemen mutu
d. Pemberian SPPT SNI
e. Keputuasan SNI
jawab:d.pemberian sppt sni
13. Pengendalian kualitas produk melalui pendekatan keluaran dilakukan dengan melihat….
a. Sampel produk
b. Material produk
c. Cara kerja dari setiap karyawan
d. Efisiensi mesin
e. Efektifitas tenaga kerja
jawab:b.material produk
14. Pengendalian kualitas produksi diperlukan agar produk yang dihasilkan sesuai dengan
rencana….
a. Manajemen
b. Konsumen
c. Pasar
d. Produksi
e. BSN ( Badan Standarisasi Nasional )
jawab:e.BSN
15. Evaluasi yang diarahkan untuk melihat hasil program yang akan dicapai sebagai dasar untuk
menentukan keputusan akhir,diperbaiki,dimodifikasi,ditingkatkan atau dihentikan adalah
pengertian dari…
a. Stadarisasi produk
b. Evaluasi produk
c. Evaluasi
d. Pengendalian mutu
e. Pengujian produk
jawab: b.evaluasi produk
16. Penetapan standar dari kualitas suatu produk ditetapkan oleh produsen dengan
mempertimbangkan…
a. Kualitas dari produk pesaing
b. Keseimbangan antara keuntungan dan penjualan
c. Efisiensi produksi
d. Segmen pasar dari produk pesaing
e. Kegunaan dari produk
jawab:a.kualitas produk dari pesaing
17. Berikut yang bukan menunjukan manfaat pengedalian kualitas produk bagi perusahaan…
a. Tercapainya efisiensi
b. Menekan biaya
c. Meningkatkan laba
d. Meningkatkan penjualan
e. Memperoleh barang berkualitas dengan harga bersaing
jawab: c.meingkatkan laba
18. Proses penilaian dan pengawasan kualitas atas hal-hal yang berkaitan dengan produksi
adalah….
a. Evaluasi produk
b. Pengendalian mutu
c. Kualitas produk
d. Efisiensi mutu
e. Pengawasan
jawab: b.pengendalian mutu
19. Factor yang biasa dipakai dalam mengevaluasi kepuasan produksi manufaktur menurut
Garvin dalam Lovelock (1994),antara lain meliputi aspek sebagai berikut,Kecuali…
a. Reputasi produk
b. Kualitas produk
c. Keistimewaan tambahan
d. Kehandalan
e. Daya tahan
jawab: b.kualitas produk
20. Berikut kewenangan BSN sebagai lembaga penentu standarisasi produk nasional sebagai
berikut…
a. Pengkajian dan penyusunan kebijakan nasioal
b. Mengembangkan dan mengelola system penilaian
c. Penetapan SNI
d. Penyelengaraan kegiatan kerja sama dalam dan luar negeri
e. Sebagai koordinasi kegiatan fungsional dalam pelaksanaan tugas BSN
jawab: c.penelitian SNI
B. Jawablah dengan benar pertanyaan dibawah ini !
1. Apakah yang dimaksud dengan standarisasi menurut Pasal 1 angka 2 No 102 tahun
2000 tentang standisasi Nasional ?
2. Jelaskan perbedaan antara Standar teknik dengan Standar manajemen ?
3. Apa fungsi dan kewenangan BSN/ Badan standisasi Nasional sebagai badan
yangmemberikan pebmina,pengembangkan serta pengkoordiasi kegiatan di bidang
standarisasi secara nasional ?
4. Menurut pendapat anda ,apakah kualitas barang hanya ditujukan untuk
memberikan kepuasan konsumen? Mengapa!
5. Terangkan scara singkat pendekatan pengendalian kualitas produk?
JAWAB =
1. Jawaban: Standarisasi adalah proses merumuskan, menetapkan, menerapkan dan merevisi standar, yang dilaksanakan secara tertib dan bekerjasama dengan semua pihak.
2. Standar Teknik merupakan sekumpulan persyaratan yang perlu di penuhi oleh bahan, produk serta layanan. Sedangkan Teknik Manajemen merupakan suatu bentuk tugas, prosedur kerja, sistem manajemen dan standar kerja dalam bidang kelembagaan, usaha serta keuangan.
3. memberikan setandart barang
kayaknya seperti itu
4. karena kepuasan konsumen atau pelanggan adalah prioritas utama pembuatan barang
5. Pendekatan pengendalian kualitas produk yaitu suatu jenis pendekatan yang dilakukan guna meningkatkan kualitas suatu produk yang diproduksi.
Bab 4Uji Kompetensi
A. Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang benar !
1. Kegiatan yang dapat menimbulkan tambahan manfaat atau faedah baru, adalah ....
a. Produk
d. Produsen
b. Produksi
e. Produktivitas
c. Jasa
Jawaban: (b) produksi
2. Pak Arifin adalah seorang yang kreatif mempunyai beberapa kayu, karena puteranya mau
bersekolah maka Pak Arifin membuatkan meja belajar dan rak buku. Yang dilakukan Pak
Arifin merupakan pemanfatan kegunaan ...
a. Bentuk
d. Tempat
b. Waktu
e. produksi
c. Produk
Jawaban : (A) Bentuk
3. Tambang batu bara merupakan faktor produksi ..........
a. Skill
d. Capital
b. Labor
e. Natural
c. Utama/asli
Jawaban: (E) Natural
4. Produk secara sempit dapat diartikan sebagai sekumpulan atribut fisik yang secara nyata
terkait dalam sebuah bentuk yang dapat diidentifikasikan. Merupakan definisi produk
menurut ....
a. Djasmin Saladin d. William J. Stanton
b. SolomoHun
e. Zeithaml
c. Fandy Tjiptono
Jawaban: (D) William J
5. Produk yang dibeli akan dibuat menjadi produk lain atau pun dijual kembali dengan tujuanmencari keuntungan, merupakan .....
a. Jenis dari produk perusahaan d, Jenis dari produk konsumsi
b. Jenis dari produk home industri e. Jenis dari produk industri
c. Jenis dari produk koperasi
Jawaban: (B) Produk industri
6. Sesuatu yang melengkapi manfaat utama produk sehingga mampu lebih memuaskan
konsumen adalah pengertian dari ...
a. Pemasaran interaktif d. Perusahaan
b. Pemasaran internal e. Pelanggan
c. Atribut produk
Jawaban : (C) Atribut produk
7. Proses yang berkaitan dengan perencanaan dan pembuatan wadah (container),
pembungkus (wrapper), maupun pengangkut (transporter), adalah pengertian dari ....
a. Pemangkasan
d. Pengemasan
b. Pemborosan
e. Pelabelan
c. Pelindung konsumen
Jawaban: (D) pengemasan
8. Penyewaan sebuah kamar hotel, apartemen, dan gedung pertemuan merupakan jenis jasa
.....
a. Usaha rumah tangga d. Komunikasi
b. Perawatan pribadi e. Perumahan
c. Bisnis
Jawaban: E.perumahan
9. Semua aktivitas ekonomi yang hasilnya bukanlah produk atau konstruksi fisik, yang secara
umum konsumsi dan produksinya dilakukan pada saat bersamaan, dan nilai tambah yang
diberikannya dalam bentuk (kenyamanan, hiburan, kecepatan, dan kesehatan) yang secara
prinsip tidak berwujud pada pembeli pertamanya. Merupakan definisi jasa menurut .....
a. Djasmin Saladin d. Philip Kotler & Kevin Lane Keller
b. Solomon
e. Zeithaml
c. Fandy Tjiptono
Jawaban: E.zeithaml
10. Tingkat keunggulan (exellence) yang diharapkan dalam pengendalian atas keunggulan
tersebut untuk memenuhi keinginan Pelanggan, adalah ..........
a. Jasa
d. produk jasa
b. Hakikat jasa e. produksi jasa
c. Kualitas jasa
Jawaban: kualitas jasa
11. Manfaat yang sebenarnya dibutuhkan dan akan dikonsumsi oleh pelanggan dari setiap
produk adalah .....
a. Produk manfaat inti d. Produk tambahan
b. Produk manfaat dasar e. produk potensial
c. Produk yang diharapkan
Jawaban: c
12. Produk sehari-hari yang termasuk dalam jenis impulse goods, yaitu .......
a. Majalah
d. Sabun mandi
b. Pasta gigi e. gula
c. sampo
Jawaban: A
13. Orang atau badan atau lembaga-lembaga yang menghasilkan produk, baik itu produk
barang maupun jasa. Disebut ..........
a. Produk
d. Produsen
b. Produksi
e. Produktivitas
c. Jasa
Jawaban : D
14. Suatu perbandingan dari hasil kegiatan yang seharusnya, dimana suatu perusahaan tidak
selamanya konstan, akan tetapi berubah-ubah sesuai dengan kegiatan yang dilaksanakan
oleh perusahaan yang bersangkutan, adalah .......
a. Produk
d. Produsen
b. Produksi
e. Produktivitas
c. Jasa
Jawaban: E
15. Proses menciptakan ide produk dan menindaklanjuti sampai produk diperkenalkan ke
pasar, dapat dikatakan sebagai ....
a. Perencanaan produk
d. Pengendalian produk
b. Kualitas produk e. Pemasaran produk
c. Kuantitas produk
Jawaban : A
16. Asset yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengembangkan produk dengan lebih
efektif dan ekonomis dimasa yang akan datang, disebut ......
a. Kualitas produk d. Biaya produk
b. Biaya pengembangan produk e. Provitabilitas produk
c. Kapabilitas pengembangan produk
Jawaban: C
17. Proses produksi yang dilaksanakan dengan cepat atau langsung dalam menghasilkan barang
atau jasa yang dapat dinikmati konsumen secara langsung juga, disebut proses produksi ....
a. Jangka pendek d. Berselingan
b. Jangka panjang e. Bertahap
c. Kontinu
Jawaban: A
18. Proses produksi yang mengolah bahan-bahan secara berurutan dengan beberapa tahap
dalam pengerjaan sampai menjadi barang jadi, disebut proses produksi .....
a. Jangka pendek
d. Berselingan
b. Jangka panjang e. Bertahap
c. Kontinu
E.bertahap
19. Meningkatkan nilai guna barang atau jasa, merupakan salah satu dari ....
a. Perencanaan produksi d. Pengendalian produk
b. Tujuan produksi e. Pemasaran produk
c. Kualitas produk
jawaban : Tujuan produksi
20. Berikut adalah lima dimensi kualitas jasa yang paling utama, kecuali .........
a. Reliabilitas
d. Empati
b. Daya tanggap e. Simpati
C. Garansi
Jawaban: C
B. Jawablah dengan benar !
1. Jelaskan pengertian produk menurut Fandy Tjiptono!
2. Sebutkan dan jelaskan 4 faktor produksi!
3. Secara umum produk dapat dibagi menjadi 2 jenis, sebutkan dan jelaskan!
4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan klasifikasi produk!
5. Sebutkan dan jelaskan macam-macam label produk!
6. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kualitas produk!
7. Jelaskan apa yang dimaksud dengan jasa! Sebutkan ciri-cirinya!
8. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kualitas jasa!
9. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kapabilitas pengembangan!
10. Sebutkan 6 tujuan produksi!
Jawaban
1. Fandy Tjiptono mengartikan produk sebagai: “segala sesuatu yang ditawarkan produsen untuk diperhatikan, diminta, dicari, dibeli, digunakan/dikonsumsi pasar sebagai pemenuh kebutuhan/keinginan pasar yang bersangkutan” (1999:95). ... Mereka menempatkan diri lebih dari sebagai penjual daripada memberikan pemecahan kebutuhan.
2. Sumber daya alam, segala faktor produksi yang berasal dari kekayaan alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia.
Tenaga kerja, faktor produksi yang berperan dalam mengelola sumber daya.
Modal, faktor produksi yang berupa uang atau barang yang digunakan untuk menjalankan serta membantu kelancaran proses produksi.
Kewirausahaan, keahlian dan keterampilan yang dimiliki oleh seseorang dalam mengelola faktor-faktor produksi sehingga efektif dan efisien.undefined
3. Produk Konsumsi
Produk Konsumsi merupakan setiap produk yang digunakan oleh konsumen akhir. Dalam hal ini, produk yang dibeli akan dikonsumsi / digunakan secara langsung dan tidak akan dijual atau pun dibisniskan kembali oleh orang yang bersangkutan.
Produk Industri
Produk Industri merupakan setiap produk yang sengaja dibeli sebagai bahan baku atau pun sebagai
barang yang diperdagangkan kembali oleh pembelinya. Dalam hal ini, produk yang dibeli akan dibuat menjadi produk lain atau pun dijual kembali dengan tujuan mencari keuntungan.
4. Klasifikasi produk adalah suatu pembagian produk yang ada di pasaran berdasarkan kriteria-kriteria produk tersebut, di mana klasifikasi produk ini dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai macam sudut pandang
5. Label produk (product label) Merupakan jenis label yang banyak dipakai. ...
Label merek (brand label) Beda dengan label produk, label merek hanya sebuah merek atau logo yang ada di kemasan produk. ...
Label tingkat (grade label) Jenis lain yaitu label tingkat. ...
Label deskriptif (descriptive label)
6. Menurut Kotler dan Keller (2009,p.143), Kualitas produk adalah totalitas fitur dan karakteristik produk atau jasa yang bergantung pada kemampuan untuk memuaskan kebutuhan yang ditanyakan atau tersirat. ... Karena bagi konsumen yang diutamakan adalah kualitas dari produk itu sendiri.
7. Secara umum, jasa adalah suatu kegiatan ataupun tindakan yang tidak berwujud, tidak bisa diraba, namun bisa diidentifikasi, direncanakan dan dilakukan untuk memenuhi suatu permintaan dan juga kepuasan pelanggan. Arti lain dari jasa adalah suatu kegiatan ekonomi yang melibatkan adanya berbagai interaksi dengan konsumen atau dengan berbagai barang milik, namun tidak terjadi kegiatan pindah kepemilikan.
Di dalam proses menghasilkan jasa, maka bisa menggunakan ataupun memanfaatkan barang yang berwujud. Walaupun dalam menghasilkan jasa memerlukan barang berwujud, namun tidak akan terjadi pemindahan hak milik atas suatu barang tersebut.
Ciri-ciri:
1. Tidak memiliki wujud( intangibility)
2. Berubah-ubah ( variability)
3. Tidak dapat dipisahkan( inseparability)
4. Mudah lenyap ( perishability)
8. Berdasarkan definisi kualitas jasa diatas adalah hubungan antara produk dan pelayanan atau jasa yang diberikan kepada konsumen mampu memenuhi harapan dan kepuasan konsumen. Kualitas jasa juga merupakan salah satu kunci pemasaran dalam memenangkan persaingan dengan pasar.
9. Kapabilitas PengembanganKapabilitas pengembangan merupakan asset yang dapat digunakanuntuk mengembangkan produk dengan lebih efektif dan ekonomis di masayang akan datang.
10. menghasilkan/menciptakan suatu barang/jasa.
menambah serta meningkatkan nilai guna barang yang sudah ada.
memenuhi kebutuhan manusia.
memperoleh tambahan penghasil untuk mendapatkan alat pemuas lainnya.
menambah pemasukan negara.
meningkatkan guna suatu barang dalam organisasi.
Komentar
Posting Komentar